Antisipasi Keramaian Nataru, Polda Metro Sebar Pesonel di Lokasi Wisata

PORTALKRIMINAL.ID-JAKARTA: Polda Metro Jaya akan menyiapkan antisipasi keramaian massa saat libur Natal dan tahun baru (Nataru). Para personel nantinya juga akan ditempatkan di sejumlah titik-titik keramaian kawasan wisata.

“Antisipasi lokasi keramaian di Monas, GBK, Bundaran HI, Patung Ondel-ondel, Jakarta Aquarium, Ancol, TMII, Kota Tua, PIK, Blok M, Ragunan, BSD, Summarecon Bekasi, dan Alam Sutera,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangan, Selasa (27/12).

Selain itu, lanjut Zulpan, Polda Metro juga akan mengantisipasi berbagai kerawanan saat malam tahun baru. Mulai dari gangguan kamtibmas, tindak, kriminalitas, hingga bencana alam.

“Faktor kerawanan tahun baru yaitu kerumunan, kemacetan, konflik antarwarga, lonjakan kasus Covid-19, kriminalitas, bencana alam, dan aksi teror,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 7.421 personel pada Operasi Lilin Jaya 2022 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Operasi ini akan digelar pada 23 Desember hingga 2 Januari 2023.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan pihaknya juga akan mendirikan sebanyak 98 pos pengamanan (pospam) untuk mengamankan kegiatan masyarakat.

“Untuk kegiatan Operasi Lilin Jaya 2022 ini, khususnya untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan pengamanan sebanyak 7.421 personel,” ungkap Endra Zulpan dalam keterangannya, Selasa (20/12/2022).

“Sebanyak 97 pos pengamanan dan 38 pos pelayanan yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi,” sambungnya. (Nugroho)