Lakukan Perjalanan Tanpa Pengawalan, Kapolda DIY Pantau Kepadatan Arus Lalu Lintas Libur Nataru

PORTALKRIMINAL.ID – YOGYAKARTA: Wilayah DIY mulai dibanjiri pengunjung yang mengisi libur Nataru. Ini tecermin dari banyaknya kendaraan yang masuk melalui pintu-pintu perbatasan DIY seperti, Tempel Sleman, Temon Kulon Progo maupun di pintu perbatasan Prambanan Sleman.

Tercatat berdasarkan pantauan dari monitor CCTV Media Center Polda DIY, sebanyak 28 ribu kendaraan yang masuk, dan yang terpantau CCTV Piyungan masuk ke Gunungkidul sekitar 10 ribu kendaraan, pada Minggu (25/12/2022).

Kemudian pada hari Senin (26/12/2022) tercatat sekitar 27 ribu kendaraan yang masuk. Hal ini terjadi penurunan karena sejumlah pegawai masuk kerja.

Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan memberi perhatian khusus terhadap pengaturan lalu lintas. Setelah menerima paparan dari Dirlantas tentang konsep pengaturan arus lalu lintas selama Operasi Lilin Progo 2022, Kapolda DIY melakukan pemantauan arus lalu lintas.

Kapolda melakukan pemantauan di jalur kawasan wisata Kaliurang, Selasa (27/12/2022).

Dari Mapolda sampai ke Pos Pengamanan Gereja Katolik Maria Asumta ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit.

Saat perjalanan, Kapolda DIY Irjen Suwondo tidak menggunakan pengawalan, salah satu alasannya adalah agar mengetahui kepadatan arus lalu lintas dan merasakan durasi waktu perjalan dalam kondisi biasa.

Kapolda DIY menyampaikan bahwa anggota harus senantiasa hadir di tengah masyarakat, di tempat terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

Kapolda DIY menekankan kepada jajarannya agar bisa membantu masyarakat di jalan ataupun memberi informasi arah kepada masyarakat maupun wisatawan.

“Kita akan terus bersama-sama anggota untuk berada di tengah-tengah masyarakat, agar masyarakat merasa aman,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto turut menjelaskan Polda DIY bersama instansi yang terkait bekerja keras dalam mengatur arus lalulintas agar tetap lancar dan meminimalisir adanya penumpukan kendaraan di beberapa titik yang dianggap rawan.

“Tentu saja keselamatan, kenyamanan dan keamanan warga masyarakat menjadi prioritas Polda DIY pada operasi kemanusiaan (Ops Lilin) saat ini,” jelasnya.

Menurut Yuliyanto, untuk memantau arus lalulintas di Yogyakarta dan sekitarnya bisa melalui CCTV Pemkot yang tersebar di beberapa titik.

“Masyarakat bisa memantau lewat CCTV milik Pemkot yang bisa diakses publik,” tuturnya.

Meningkatnya jumlah kendaraan yang masuk di wilayah DIY, Kabid Humas berpesan kepada masyarakat pengguna jalan agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas, serta saling menghormati antar sesama pengguna jalan.

“Bagi masyarakat Yogyakarta atau pun yang sedang berlibur di Yogyakarta, pastikan keselamatan dalam berkendara di jalan, saling menghargai antar sesama pengguna jalan,” pungkasnya. (Amin)