Jatanras Polda Metro Tangkap Pelaku Pembunuh ART, Motif Merantau ke Bali

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap pelaku berinisial MMD alias M (26), kasus pencurian dan pembunuhan dengan korban asisten rumah tangga (ART) inisial SL (43). Motif pelaku melakukan pencurian dan pembunuhan, tujuannya hendak merantau ke Bali.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan pelaku M ditangkap di Bus KG Trans Kaiser Guptaka dalam perjalanan Tol Ngawi Kertosono Jawa Timur, pada Sabtu 7 Januari 2023.

“Tersangka M merupakan keponakan majikan korban, datang ke rumah korban dengan berpura-pura meminjam termos. Pada saat korban lengah, korban di tusuk oleh tersangka untuk memudahkan tersangka dalam melakukan pencurian uang milik majikan korban,” ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Senin (9/1/2023).

Menurut Zulpan, kronologi kejadian berawal pada Jumat 6 Januari 2023 pukul 07.00 WIB di Masjid Al Akbar Munjul Jakarta Timur. Tersangka M merencanakan mengambil uang milik saudaranya berinisial HR. Selanjutnya tersangka pergi ke pasar Munjul Jakarta Timur untuk membeli pisau seharga Rp. 25.000.

Tersangka menggunakan pisau menusuk korban SL dalam rangka memudahkan melakukan pencurian. Ketika korban lengah tersangka menusuk korban guna memudahkan melakukan pencurian yang dimaksud. Setelah korban tidak bergerak lalu korban diletakan di meja dan kursi tamu dengan posisi terlentang, posisi kepala diatas meja dan kaki dikursi.

“Kemudian tersangka langsung lari ke arah kamar saudaranya dan mencongkel pintu lemari menggunakan gunting dan mengambil uang Rp. 2.900.000, lalu mengambil 3 buah celengan dilemari rias dan mengambil 2 handphone,” kata Zulpan.

Selanjutnya, tersangka mengambil pisau yang digunakan untuk menusuk korban dan mencuci di wastafel lalu dibungkus dan pisau dibuang saat kabur menggunakan ojek online.

Berawal dari laporan masyarakat piket Subdit Jatanras mendapat informasi dari Polsek Metro Cipayung bahwa telah
terjadi tindak pidana pencurian dan  pembunuhan di rumah Jl. SD Lama
Gg.Oyot Rt. 02 Rw. 01 Kel. Pondok Ranggon Kec. Cipayung Jakarta Timur.

“Team Opsnal unit 1 Jatanras melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan keberadaan pelaku, selanjutnya Team Opsnal Unit 1 melakukan penangkapan
terhadap pelaku di Bus KG Trans Kaiser Guptaka dalam Jalan Tol Ngawi Kertosono Jawa Timur,” tuturnya.

Tersangka dijerat Pasal 365 KUHP dan atau Pasal 338 KUHP. (Amin)