Hibah Satu Unit ATV dan UTV, Kapolda DIY: Apresiasi PT MTS Jaga Kamtibmas Wisata Pantai

PORTALKRIMINAL.ID – BANTUL: Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif merupakan syarat mutlak bagi lingkungan industri pariwisata.

“Untuk itu upaya-upaya preventif dan preventif menjadi salah satu upaya yang efektif dalam menangkal terjadinya kejahatan,” kata Suwondo Nainggolan dalam sambutan pada Penandatanganan Berita Acara dan Penyerahan Hibah ATV dan UTV kepada Ditpolairud Polda DIY di Pantai Parangtritis, Bantul, pada Sabtu (21/1/2023).

Menurut Kapolda, tentunya dalam pelaksanaan upaya-upaya tersebut memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang mewadahi untuk memaksimalkan kinerja personel di lapangan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Pada kesempatan tersebut, Polda DIY mendapatkan hibah berupa satu unit ATV dan satu unit UTV yang akan digunakan Ditpolairud Polda DIY dalam pelaksanaan tugas sehari-hari khususnya dalam pengamanan wisata Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DIY.

“Saya berharap dengan dihibahkannya satu unit ATV dan satu unit UTV tersebut dapat mendukung personel Ditpolairud dalam melaksanakan patroli di Parangtritis untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sehingga industri pariwisata dapat berkembang lebih baik lagi,” katanya.

Kapolda juga mengatakan, sarana yang dihibahkan tersebut sangat dibutuhkan Ditpolairud Polda DIY untuk meningkatkan kualitas pengamanan di wilayah kawasan wisata Pantai Parangtritis.

Lanjut Kapolda DIY, objek wisata di DIY khususnya kawasan Pantai Parangtritis yang terdapat di Bantul merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menunjukkan bahwa pada tahun 2022, kawasan objek wisata Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan favorit dengan jumlah kunjungan mencapai 2,3 juta wisatawan.

Kapolda menyampaikan apresiasinya kepada Pimpinan PT MTS.

“Kami mewakili Basarnas, Polairud, Sar Linmas, TNI Angkatan Laut, mengucapkan terimakasih,” ucap Suwondo Nainggolan.

Kapolda berharap hibah ini menjadi amal jariah karena setiap orang yang dijaga atau diselamatkan di tempat ini, salah satunya karena berkat sumbangsih dari PT MTS.

“Semoga menjadi amal jariah, karena setiap orang yang dijaga atau diselamatkan di tempat ini, salah satunya karena sumbangsih pak Agus dan kita semua yang ada di sini,” pungkas Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan. (Amin)