Kabareskrim Perintahkan Dirtipid Siber Tindak Ngemis Online di Medsos

PORTAlKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menegaskan bahwa polisi tidak ragu untuk menindak terkait dengan fenomena ngemis online yang sedang merebak di media sosial terutama TikTok.

“Tindak saja, tidak usah ragu-ragu,” kata Agus kepada wartawan di Gedung Bareskrim Polri, Rabu (25/1/2023).

Lanjut Agus, ia telah memerintahkan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar untuk terus monitor hal tersebut.

“Saya sudah minta pak Dir Siber untuk terus memonitor mana yang kira-kira meresahkan masyarakat, mencederai rasa keadilan masyarakat,” paparnya.

Diketahui fenomena ngemis online kini sedang merebak di media sosial terutama TikTok. Konten siaran langsung itu menampilkan aksi mandi air lumpur oleh wanita dewasa hingga lansia dalam waktu yang lama. Dengan harapan mendapat belas kasih hadiah atau saweran dari  netizen.

Mensos Tri Rismaharini sempat mengancam bakal mempolisikan pelaku yang membuat orang tua (nenek) ngemis online di media sosial (medsos). Para pelaku melalui siaran langsung atau yang kini dikenal sebutan ngemis online.

Menurut Risma, hal semacam itu merupakan bentuk dari eksploitasi karena memperalat orang tua untuk berharap belas kasihan dari warganet. (Amin)