Cegah Tindak Pidana Pencurian, Pesan Kapolda Metro Patroli Rumah Kosong

PORTALKRIMINAL.ID- JAKARTA: Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto meminta jajaran maksimal dalam melakukan patroli di permukiman atau rumah kosong, karena ditinggalkan mudik. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencurian.

“Saya tetap berpesan kepada para Kapolres, Kasatwil, agar yang pertama tingkatkan patroli untuk rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh pemudik,” ujar Karyoto kepada wartawan, Jumat (21/4/2023).

Lanjut Karyoto, anggotanya tak sekadar melakukan patroli, tapi juga memperhatikan dengan seksama. Kapolda meminta bersama pemerintah setempat mereka mendata jumlah rumah kosong yang ditinggalkan pemudik, agar nantinya bisa terpantau.

“Memerintahkan kepada seluruh jajaran Polda Metro Jaya untuk memberikan pelayanan dengan cara memberikan langkah-langkah pencegahan, patroli tidak hanya sambil lewat saja tapi sambil melihat, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada para satuan pengamanan internal di wilayah masing-masing,” terangnya.

Kapolda menambahkan para pelaku kejahatan kerap memanfaatkan momentum mudik hari raya untuk melancarkan aksinya. Selain itu, bahaya lain mulai dari korsleting listrik yang memicu terjadinya kebakaran bisa terjadi. Untuk itu, andil Bhabinkamtibmas termasuk polisi RW bisa menjadi solusi.

“Kita mencoba mengurangi, pasti akan ada kejadian tetapi kami berusaha bahkan kami memberikan penekanan kalau bisa dikurangi betul pencurian rumah kosong. Dengan demikian, pemudik yang meninggalkan rumahnya kalau patroli banyak akan lebih aman,” pungkas Kapolda. (Amin)