Apel dan Gladi Kesiapsiagaan Hadapi Musim Hujan di Jakarta Barat

PORTALKRIMONAL.ID-JAKARTA : Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto memimpin apel dan simulasi kesiapsiagaan menhadapi musim hujan di waduk Perumahan Citra 8, Kelurahan Pengadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. 

Pada apel yang dilaksanakan hari Selasa (28/11/2023) siang, Uus menyampaikan sambutannya, bahwa kegiatan tersebut diikuti 400 personel terdiri dari Satpol PP, BPBD, Gulkarmat, PPSU, Pramuka, Sudin Lingkungan Hidup, Kesehatan, SDA, Sosial, Bina Marga, PMI, TNI-Polri FKDM dan LMK.

“Apel ini dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan Pemerintah Kota Jakarta Barat menyambut musim hujan yang diperkirakan akan terjadi pertengahan bulan Februari 2024,” kata Uus Kuswanto.

Selain kesiapan personel, lanjutnya, juga disertakan sarana dan prasarana pendukung, seperti perahu karet, tenda, kendaraan operasional dan lain sebagainya. 

Menurut Uus, Jakarta Barat terdapat 40 persen wilayahnya dibawah permukaan air jadi rawan genangan, seperti wilayah Rawabuaya, Duri Kosambi, Jalan Panjang, Tegalalur dan lainnya. “Maka dengan kesiapsiagaan dan simulasi ini penanganan banjir saat musim hujan akan dapat ditangani dengan cepat dan baik,” ujar Wali Kota.

Uus mengungkapkan,  diadakannya simulasi evakuasi dan pertolongan warga yang terdampak banjir dan pengamanan kotak suara mengingat saat musim hujan bertepatan dengan penyelengaraan Pemilu 2024.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakapolres  Metro Jakarta Barat, AKBP Sarly Sollu, Dandim 0503/JB, Letkol Inf Putra Siregar, Kapolsek Kalideres Kompol Abdul Jana dan para Lurah. (Warto)