Saksi Pihak Polda Metro Jaya Sprindik Ungkap 23 November 2023 Penetapan Tersangka Firli Bahuri

PORTALKRIMINAL ID – JAKARTA: Kasubnit 4 Subdit III Dittipidkor Bareskrim Polri AKP Denny Siregar menjelaskan perihal surat perintah penyidikan (sprindik) kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang dipersoalkan pengacara Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri.

Denny mengatakan ada sprindik baru yang dikeluarkan Polda Metro Jaya pada 23 November 2023.

Hal itu diungkap Denny saat dihadirkan sebagai saksi dari pihak Polda Metro Jaya dalam sidang praperadilan Firli Bahuri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023).

Awalnya, pengacara Firli Bahuri, Ian Iskandar, bertanya apakah ada sprindik baru pada 23 November, setelah Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan.

“Apakah saksi tahu setelah ada penetapan tersangka terhadap pemohon (Firli Bahuri), ada keluar lagi Sprindik baru tanggal 23 November dan SPDP baru yang dikeluarkan penyidik?” tanya Ian Iskandar.

Denny menyebut sprindik baru yang dikeluarkan pada 23 November 2023 itu sudah tertuang, soal penetapan tersangka terhadap Firli Bahuri, berbeda dengan sprindik terdahulu yang belum menentukan tersangka.

“Bahwa, saya tahu penerbitan Sprindik baru tanggal 23 November, tentunya merujuk pada SPDP terdahulu yang belum mencantumkan tersangka. Maka, menindaklanjuti daripada gelar perkara dan sudah menemukan tersangkanya. Kami menerbitkan administrasi penyidikan sebagaimana yang disebutkan pemohon,” jawab Denny. (Amin)