Kapolres Metro Tangerang Kota Bagikan Buku Saku Pengamanan Pemilu dan Netralitas Anggota Polri di Pemilu 2024

PORTALKRIMINAL.ID-TANGERANG:  Kapolres Metro Tangerang Kota Polda Metro Jaya, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, membagikan Buku saku pengamanan dan pedoman netralitas anggota Polri pada Pemilu 2024. Tujuannya membekali personel Polri memahami cara bertindak dalam pengamanan tahapan Pemilu 2024.

Pembagian buku saku berisikan pedoman tahapan Pemilu 2024 dilakukan saat apel pengamanan perayaan Natal dan Tahun 2024 di halaman Mapolres Metro Tangerang Kota di Jalan Daan Mogot, Kamis (21/12/2023) pagi. 

Kapolres mengatakan buku saku tersebut dapat dibaca dan dipahami sebagai pedoman bagi seluruh anggota Polri dalam menunjukan sikap perilaku netralitas Polri dan pemahaman dalam menjaga dan mengamankan tahapan pemilu, termasuk pada saat pengamanan kampanye, hari tenang, pemungutan suara (TPS), penghitungan hasil suara, penetapan hasil dan pelantikan caleg terpilih maupun paslon terpilih.

“Bukan hanya dikantongi, buku saku pengamanan dan pedoman netralitas anggota Polri ini harus dibaca, dipahami dan dimengerti. Jadikan catatan dan referensi untuk menghindari pelanggaran netralitas Polri, dalam pengamanan di seluruh tahapan Pemilu 2024, yang saat ini sudah dimulai,” jelas  Zain Jumat, (22/12/2023).

Zain menjelaskan bahwa buku saku pengamanan dan pedoman netralitas anggota Polri pada Pemilu 2024, yakni  sasaran pengamanan, potensi kerawanan setiap tahapan, cara bertindak, sistem pelaporan dan No telp penting yang bisa dihubungi, Dasar Netralitas Anggota Polri, Jukrah Kapolri tentang 17 perilaku Netralitas Anggota Polri, yang isinya termasuk gaya berfoto maupun berswafoto yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan maupun cara berpatroli dialogis yang netral.

“Anggota Polri wajib dan harus tetap menjunjung tinggi netralitas Polri dalam mengawal dan mengamankan seluruh tahapan pesta demokrasi lima tahunan pada Pemilu 2024” paparnya.

“Kami dari Polres Metro Tangerang Kota, menjamin dan selalu berkomitmen menjaga netralitas Polri agar tercipta Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur dan adil,” sambungnya lagi.

Zain juga menekankan kepada seluruh jajaran diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tetap menjaga marwah institusi Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Memberi solusi dan menjaga Harkamtibmas bersama seluruh lapisan masyarakat. (Warto)