Sterilisasi Gereja Dilakukan Tim Jibom Polda Metro Jaya Jelang Natal 2023 di Kota Tangerang

PORTALKRIMINAL.ID-TANGERANG: Sterilisasi  di beberapa gereja di Kota Tangerang, dilakukan Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Brimob Polda Metro Jaya, Minggu (24/12/2023). Hal tesebut demi menjaga keamanan dan kelancaran ibadah  bagi umat Kristen.

“Sterilisasi dilakukan agar Perayaan  Natal 2023 pada hari Senin 25 Desember2023, berjalan aman, damai dan lancar,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Minggu (24/12/2023) siang.

Diterangkan kapolres, sterilisasi dari gangguan bahan peledak di gereja- gereja di Kota  Tangerang ini dilaksanakan  Tim Jibom Detasemen Gegana Brimob Polda Metro Jaya. Skala prioritas pengamanan, lanjut Zain,  dilakukan Polisi pada gereja- gereja yang memiliki jamaah yang besar dan punya potensi kerawanan tinggi.

“Sterilisasi dilakukan Tim Jibom sebelum perayaan Natal hari Senin besok,” jelasnya dengan menambahka sebelum dilakukan sterilisasi, Tim Jibom akan melihat jadwal pelaksanaan ibadah dengan cara melakukan koordinasi dengan koordinator pengamanan internal gereja.

Menurut Zain, semua Gereja dilakukan SOP melibatkan seluruh stakeholder termasuk jajaran samping yakni TNI, Satpol PP, Dishub, Senkom dan Pokdar Kamtibmas. “Namun yang pasti dan lebih penting  Tim Jibom akan lakukan sterilisasi terlebih dulu,” ujarnya.

Pantauan di lokasi gereja-gereja yang telah dilakukan sterilisasi antara lain adalah, di Gereja Santo Agustinus, wilayah hukum Polsek Jatiuwung, Gereja Gereja Santa Maria, wilayah hukum Polsek Tangerang, lalu gereja Santa Bernadette di wilayah hukum Polsek Pinang, Gereja GBI Modern Land dan beberapa gereja lainnya.

Sterilisasi dilakukan petugas di titik area altar gereja, area kursi jemaat, area patung santa maria, ruang konsultasi jemaat, ruang tunggu pastor, ruang persiapan panitia, ruang audio kontrol, perparkiran dan ruang toilet. 

“Sterilisasi berjalan lancar dan tidak ditemukan benda- benda mencurigakan. Tentu dengan begitu diharapkan pelaksanaan ibadah bagi saudara-saudara kita umat Kristen ini, dapat berjalan aman dan lancar,” tuturnya mengakhiri. (Warto)