Kapolres Pastikan Misa Natal di Gereja-gereja di Kota Tangerang  Berlangsung Khidmat, Aman dan Lancar

PORTALKRIMINAL.ID-TANGERANG : Pada malam Misa Natal tahun 2023, rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tangerang meninjau gereja-gereja guna memastikan perayaan ibadah umat kristiani berlangsung khidmat, aman dan lancar. 

Kapolres Metro Tangerang Kota Polda Metro Jaya,  Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Wakil Walikota, Sachrudin dan Danrem Wijayakrama Brigjen TNI Putranto Gatot serta Dandim 0506/TGR, Minggu (24/12/2023) malam, berkunjung ke Geraja Santa Maria dan Gereja Santo Agustinus, dengan jumlah ribuan jemaat.

“Kunjungan ini menunjukan Negara hadir untuk meyakinkan masyarakat khususnya umat kristiani, bahwa kegiatan ibadah malam misa natal dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” kata Zain yang menyebutkan bahwa pelaksanaan pengamanan  misa Natal sudah berjalan dengan baik.

“Sebelumnya kita sudah melakukan koordinasi bersama panitia di gereja- gereja. Termasuk kita juga melakukan sterilisasi di area gereja menggunakan Tim penjinak bom (Jibom) Polda Metro Jaya,” tutur kapolres  usai meninjau Gereja Santa Maria di Kota Tangerang.

Zain mengatakan,  berdasarkan peninjauan di beberapa gereja di Kota Tangerang para jemaat sudah menjalankan SOP pengamanan dalam dengan baik dan benar seperti penggunaan CCTV, metal detektor, area parkir dan pengaturan, tempat duduk jamaat yang memadai dan pembatasan jumlah jamaat agar tidak terjadi penumpukan.

“Pos pelayanan dan keamanan juga kita siapkan di lokasi yang berdekatan langsung dengan Gereja, malam ini ada 83 gereja melaksanakan ibadah misa Natal. Sementara pada Minggu siang,  tepat tanggal 25 Desember 2023 ada 109 gereja yang melaksanakan ibadah Natal,” jelas Kapolres.

Sementara di lokasi yang sama, Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan kunjungan Forkopimda Kota Tangerang ke gereja-gereja Ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan pada perayaan natal dan tahun Baru. Tujuannya  menjamin umat kristiani yang sedang melaksanakan ibadah Natal merasakan aman dan nyaman. (Warto)