Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Dalami Dugaan TPPU Firli Bahuri

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya  mendalami dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan oleh Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri.

Firli yang sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Termasuk salah satu yang nanti, akan kita sasar terkait dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU),” kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Kamis (28/12/2023).

Ade tidak membeberkan sudah sejauh mana pihaknya mendalami soal dugaan TPPU Firli. Ia hanya menyebut proses penyidikan masih dilakukan.

“Nanti, kita akan update berikutnya, yang jelas terkait dengan tindak pidana pencucian uang akan menjadi salah satu agenda penyidikan dari tim penyidik gabungan,” katanya.

Sebelumnya, Firli Bahuri kembali diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan ke SYL di Bareskrim Polri pada Rabu (28/12) kemarin. Dalam pemeriksaan itu, Firli dicecar 22 pertanyaan terkait aset yang tak terdaftar di LHKPN.

Aset-aset tersebut diketahui tersebar di sejumlah daerah, yakni Yogyakarta (Bantul dan Sleman), Sukabumi, Bogor, Bekasi dan Jakarta.

“Aset Firli tak terdaftar berupa tanah dan bangunan,” papar Ade Safri. (Amin)