Ajukan Anggaran Kejaksaan Tahun 2025 Sebesar 26 T, TAPI: Pemerintah dan DPR Diharap Menyetujuinya

Kontribusi Kejaksaan Sangat Besar
PORTALKRIMINAL.ID- JAKARTA: Berbeda dengan 2024, Kejaksaan Agung justru mengajukan kebutuhan (rill) anggaran Kejaksaan untuk tahun 2025 lebih kecil.

Bila, pada tahun anggaran 2024 diajukan kebutuhan riil anggaran Kejaksaan sebesar Rp 43, 56 triliun, maka tahun 2025 hanya Rp 26, 549 triliun.

Informasi tersebut disampaikan Jaksa Agung ST. Burhanuddin saat menutup Rakernas Kejaksaan, Kamis (11/1).

“Sesuai rekomendasi Rakernas ditetapkan usulan nilai kebutuhan riil Kejaksaan untuk tahun anggaran 2025 sebesar Rp 26, 549 triliun, ” katanya di Sentul, Bogor, Jabar.

Berdasarkan surat bersama Menkeu dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, pagu indikatif Kejagung tahun 2024 sebesar Rp 10 triliun. Tambahan 7, 4 triliun. Total Rp 17, 4 triliun.

Pagu indikatif adalah salah satu mata anggaran APBN yang mana nantinya akan diberikan oleh Lembaga Pemerintah sebagai pedoman dalam menyusun Rencana Kerja.

Ketua Tim Advokasi Patriot Indonesia (TAPI) Iqbal D. Hutapea berharap usulan Kejaksaan itu disetujui oleh Pemerintah dan DPR.

“Kenapa saya katakan demikian ? Karena kinerja dan kontribusinya dalam pengembalian kerugian keuangan negara dari berbagai perkara tindak pidana korupsi, ” akhirinya secara terpisah.

Dari catatan Portalkriminal. Id, perkara atau skandal korupsi yang berhasil dituntaskan dan telah berkekuatan hukum tetap, antara lain Jiwasraya sebesar Rp 16, 81 triliun dan perkara impor tekstil dari Cina Rp 1, 6 triliun.

SOEPRAPTO AWARD

Disela acara penutupan Rakernas yang berlangsung sejak Selasa (9/1) Jaksa Agung memberikan penghargaan R. Soeprapto Award kepada Tokoh, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan/atau Korporasi atas dedikasi, integritas, profesionalitas, jasa, prestasi serta kinerja yang luar biasa dalam memajukan Institusi Kejaksaan.

Soeprapto adalah Jaksa Agung yang menjabat pada tahun 1951 hingga 1959. Dia dikenal sebagai Jaksa Agung yang tegas dalam penegakan hukum dan dijadikan Inspirator oleh Jajaran Adhyaksa.

Para nominasi dan penerima Soeprapto Award 2024, antara lain Abdullah Azwar Anas selaku Menteri PAN RB, Dr. M. Yusuf Ateh (Kepala BPKP).

Berikutnya, Dr. H. Al Haris (Gubernur Jambi), Dr. Fachrizal Afandi (Tenaga Ahli Jaksa Agung) dan IIP D. Yahya (Penulis Buku dan Peneliti Sejarah Kejaksaan).

Penutupan Rakernas dihadiri Menteri PAN RB, Kepala BPKP, Wakil Jaksa Agung, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Penerima Penghargaan “R. Soeprapto Award Tahun 2024” Fachrizal Afandi & Iip D. Yahya dan lainnya. (ahi).