Kapolda Metro Jaya Fokus Tuntaskan Kasus Dugaan Pemerasan Firli Bahuri Hingga Selesai

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto merespons pernyataan pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra meminta kasus dugaan pemerasan mantan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) dihentikan.

Irjen Karyoto enggan berkomentar banyak, dia hanya mengatakan bahwa bakal fokus mau menuntaskan kasus tersebut.

“Kalau saya, prinsipnya kasus akan segera saya selesaikan,” kata Irjen Karyoto kepada wartawan, Selasa (16/1/2024).

Sebelumnya, Yusril Ihza Mahendra menilai kasus pemerasan yang dilakukan tersangka mantan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo harus dihentikan. Hal tersebut dia sampaikan saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi meringankan bagi Firli, di Bareskim Mabes Polri, pada Senin (15/1/2024).

Menurut Yusril, penanganan kasus tersebut banyak kejanggalan, mulai dari barang bukti hingga saksi-saksi yang diperiksa.

“Sebenarnya kasus ini sebaiknya dihentikan. Bisa dihentikan lewat praperadilan, bisa juga dikeluarkan SP3,” ujarnya.

Yusril menambahkan, salah satu kejanggalan dalam kasus ini adalah dalam penetepan status tersangka Firli yang dinilai sangat cepat. Bahkan sebelum polisi melakukan penyelidikan.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak tak mau menanggapi soal permintaan tersebut.

“Saya tidak menanggapi itu, karena yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi a de charge dan itu sudah disampaikan kepada tersangka FB dalam pemeriksaan tersangka yang terakhir,” terangnya.

Ade meminta maaf, jika penyidik tidak akan menanggapi soal permintaan tersebut karena di luar konteks.

“Terkait apa komentar di luar konteks penyidikan, mohon maaf kami tidak menanggapi dan itu bukan kompetensi yang untuk menanggapi tersebut,” paparnya. (Amin)