Polres Jakarta Pusat Minta Warga Tak Percaya Buzzer di Medsos saat Pemilu

PORTALKRIMINAL.ID-JAKARTA : Polres Metro Jakarta Pusat mendengar secara langsung aspirasi warga serta saran dan masukan dari masyarakat. Kegiatan ini berlangsung saat Jumat Curhat.

“Ini agenda penting saya bisa bertemu langsung dengan masyarakat,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Minggu (21/1).

Dia menuturkan, jumlah Polisi di Polres Jakarta Pusat sekitar 1400 personil , yang aktif 1300 personel untuk mengelola keamanan dan ketertiban.

Tentunya Ratio kekuatan tidak ideal. Setiap orang sejak lahir sudah punya Tugas seperti Kepolisian, Susatyo berharap semua masyarakat untuk ikut menjaga Harkamtibmas.

“Polisi hadir untuk menjamin Keamanan pagi, siang, malam. Tugas kami melindungi, mangayomi, melayani dan Penegakan Hukum” tuturnya

Heterogen di wilayah Jakarta Pusat ini luar biasa, ini menjadi salah faktor yang harus kita perhitungkan. Kejahatan dulu itu secara psikologis, kalau sekarang kejatan modelnya dengan Teknologi

Teknologi mempengaruhi tugas tugas Kepolisian. Tawuran sekarang modelnya janjian di medsos. Sehingga kita merapat dan mendekatkan diri dengan masyarakat untuk menyadarkan masyarakat.

“Kita juga menghimbau untuk kedewasaan dalam berlalu lintas,” sebut Susatyo.

Kapolres mengatakan , Terkait dunia cyber menjelang Pemilu, ada pelaku memiiki akun palsu sampai 200, dia bisa menghack hingga 800 akun.

Ada akun anonim, akun semi anonim dan ada akun real. Modus pelaku ini masuk ke Grup WA dengan akun palsu untuk menyebarkan berita hoax dan membuat gaduh di grup WA.

“ Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bijak menggunakan medsos dan saring dulu kebenaran informasi tersebut, lihat dulu sumber informasi dari mana, isinya apa, manfaatnya apa. Jangan kita terpancing oleh berita yang disebarkan Buzzer,” sebut Susatyo.

Kejahatan online seperti pinjol juga sedang marak, laporkan kepada kami bila ada kejahtan pinjol. Bagi masyarakat yang akan belanja online agar lebih hati -hati Kejahatan ini seperti gunung es, Tugas Polisi memerangi sifat jahat manusia bukan manusianya.

Susatyo Purnomo Condro mengajak kepada masyarakat untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Jangan sampai kita terpecah belah akibat beda pilihan. Mari kita ciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah kita, sehingga Pemilu nanti dapat berjalan dengan aman dan damai” ungkapnya (Nugroho)