Kapolda DIY Antisipasi Potensi Gangguan Kamtibmas Selama Bulan Ramadhan

YOGYAKARTA: Polda DIY beserta seluruh jajaran Polres/ta terus berupaya mengantisipasi berbagai potensi gangguan Kamtibmas selama bulan Ramadan 1445 H.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan membagi personelnya menjadi beberapa tim yang ditugaskan untuk berpatroli di wilayah yang sudah ditentukan yakni di wilayah Kota Yogyakarta, Sleman Timur, Sleman Barat, dan Kabupaten Bantul, pada Rabu (13/3/2024) malam hingga Kamis (14/3/2024) dini hari.

Sejak beberapa hari yang lalu hingga Hari Raya Idul Fitri nanti, Polda DIY melipatgandakan personelnya untuk melaksanakan Patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

“Waktu pertama Ramadhan kami lakukan pelipatan tiga, puji Tuhan tidak terjadi kejahatan jalanan. Anak-anak kemarin kami razia, yang bawa celurit kami tangkap,” ujar Irjen Pol Suwondo.

Berkaca dari peristiwa 2023 silam, Kapolda mengatakan pihaknya telah melakukan pencegahan tindak kejahatan jalanan sejak awal sebelum bulan ramadhan.

“Belajar dari 2023 lalu bahwa pelaku kejahatan jalanan melakukan peningkatan aksi kejahatan di minggu pertama itu setelah sahur. Lalu nanti di Minggu kedua akan bertambah potensi ancamannya yakni saat bukber,” ungkapnya. (Amin)