Ketua Tim Kajian PT. SMIP KPPC Dumai Dicecar, TAPI: Indikasi Penetapan Tersangka Makin Menggerucut?

Deretan Panjang Pejabat BC Diperiksa
PORTALKRIMINAL.ID Penyidikan Skandal Impor Gula PT. Sumber Mutiara Indah Perdana 2020-2023 makin mengerucut kepada para pihak yang bakal dijadikan tersangka ?

Setelah Petugas Hanggar KPPC TMPB Pekanbaru PT. SMIP dan Kordinator Hanggar Kawasan Berikat SMIP, kini giliran Ketua Tim Kajian PT. SMIP KPPBC (Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai) Dumai tahun 2020 dicecar.

“Bisa disebut Indikasi, ” kata Ketua Tim Advokasi Patriot Indonesia (TAPI) Iqbal Daud Hutapea saat dihubungi, Kamis (21/3).
Namun demikian, untuk sampai pada perubahan status menurut Iqbal bergantung kepada fakta hukum atau alat bukti.

“Parameternya disitu bukan asumsi, ” tegas Iqbal seraya meminta untuk tetap menjunjung asas praduga tidak bersalah (assumption of innocent).

Iqbal sarankan untuk terus mengikuti perkembangan penyidikan, karena pada proses itu lah nanti akan terlihat akhir dari penyidikan.

“Oleh karena itu, mari kita dukung dan beri kesempatan tim bekerja, ” saran Iqbal seraya akhiri perbincangan, Jumat (22/3) pagi.

Ketua Tim Kajian PT Sumber Mutiara Indah Perdana KPPBC Dumai tahun 2022 berinisial AW.
Selain itu, ikut diperiksa AH (Kasi Analisa dan Layanan Data Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai) dan BS (Plt. Kepala KPPBC Dumai).

Kapuspenkum Ketut Sumedana menyebutkan pemeriksaan 3 saksi guna memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan.

“Semua dalam rangkaian untuk membuat terang tindak pidana (temukan tersangka, Red), ” jelasnya, Kamis (21/3).

DERETAN PANJANG

Dengan diperiksanya ketiga Pejabat Bea dan Cukai (BC) dalam perkara kegiatan importasi gula PT. SMIP tahun 2020- 2023 makin menambah deretan panjang Jajaran BC yang diperiksa.

Terakhir, SSC (Petugas Hangar KPPC TMPB Pekanbaru PT. SMIP).

Tercatat, SSC adalah pejabat kedua terkait dengan SMIP diperiksa, yakni ABP (Koordinator Hangar Kawasan Berikat SMIP) pada Senin (4/3) dan Rabu (6/3). Terakhir diperiksa Skandal Gula di Kemendag Periode 2015 – 2023.

Lainnya, diantaranya JPSDW (Kasi Kawasan Berikat Tahun 2017 dan EW askaligus Kasubdit Tempat Penimbunan Berikat) dan HPT (Kasi Kepabeanan dan Cukai I) yang diperiksa, Selasa (19/3).

Lainnya, WAR diduga Wara Agustini Rukmini selaku Ketua Tim Bidang
Pertanian Direktorat Impor, pada Ditjen Perdagangan Luar Negeri (Daglu), Kemendag pada Rabu (20/3). (Ahi)